Thursday, May 9, 2013

Mini Chicken Pie

Hari ini libur karena tanggal merah... means another day to test another recipe. Dan karena beberapa hari belakangan di lidah rasanya zuppa soup jadi hunting resep itu deh :))
Awalnya nemu di blognya meta, dia kasih link ke resep di forum TUM punya dita. Nampaknya gampang, plus beberapa bahan masih ada di kulkas sisa macaroni panggang kemarin. Gw nemu puff pastry di kem chicks (thank God I work in a mall with premium supermarket), ada beberapa jenis dan gw pilih merk Edo (IDR 30.000 untuk 750gr).

Dari resep yang dibikin sama Dita, gw bikin beberapa modifikasi hingga berujung resep ini :

Mini Chicken Pie

Bahan :
1 buah dada ayam (potong beberapa bagian)
2-3 buah jamur champignon (potong-potong kecil)
3 buah bawang putih dikeprek
1/2 bawang bombay (rajang halus)
250 ml kaldu ayam
100 ml susu cair
Keju parut
2 sdm tepung terigu
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
garam secukupnya
1 lembar puff pastry (dinginkan dahulu sesuai instruksi di kemasan)

Cara memasak :
1. Rebus ayam dengan sedikit bawang putih dan oregano. Kalau sudah matang, suwir-suwir ayam dan sisihkan.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin sampai matang. Masukkan suwiran ayam dan potongan jamur. Bumbui dengan pala, merica, garam dan kaldu bubuk.
3. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tuang air kaldu, aduk-aduk beberapa saat. Lalu tuangkan susu sampai adonan terlihat mengental. Masukan keju parut. Matikan api.

Penyajian :

  • Puff pastry sedikit digiling supaya lebih lebar dan lebih pipih. Karena gw pakai loyang muffin, puff pastry gw potong bentuk lingkaran dengan diameter lebih besar daripada bolongan per muffin nya -- Untung di rumah ada tutup gelas ukuran besar, jadi gw motongnya pake itu.
  • Olesi loyang dengan margarin supaya gak lengket. Kalo pake loyang teflon sih gak usah ya. Berhubung loyang gw bukan teflon jadi mesti dikasih mentega.
  • Taruh potongan pastry di atas loyang, agak ditekuk ke bawah membentuk cekungan. Jadi lebih gampang nuang adonan filling. Tiap cetakan gw kasih 1 1/2 sampai 2 sendok makan. 
  • Tutup adonan pake potongan puff pastry (dan tusuk-tusuk tengahnya supaya uap panas bisa keluar), atau potong puff pastry memanjang (jadi 'tutup' pie bentuknya kyk basket weave).
  • Masukan ke oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu di suhu 200 derajat celcius. Panggang sampai matang kurang lebih 15 menit. Baiknya sih sering-sering ditengok biar gak hangus.
Adonan di atas itu bisa bikin sampai 12 pcs mini pie.

I actually don't know how chicken pie taste like, tapi yang gw bikin ini jadi lebih creamy karena konsistensi cairan lebih banyak dibanding yang padat. Malahan jadi mirip-mirip cream zuppa soup gitu. Well for me it stills yummm :) 


Hasil jadi. Iya maap rada gosong euy

Dari 12 biji, 5 biji inilah yang penampakannya paling beradab
Manggang resep pertama kali pasti ada 'busuk'nya lah ya. Gak muluk-muluk ngarepin jadi sempurna sih. Yang perlu gw take note adalah :

1. Pastikan cup pastry lebih besar daripada isian. Bigger the better. Even yang dibikin sebanding pun nyatanya di oven bisa bleber gak jelas.
2. Siapin puff pastry terlebih dahulu. Jadi yang buat cup dan buat 'tutup' udah siap ditaruh. Kalo dibikin sembari jalan ujung-ujungnya panik dan hasilnya juga gak simetris x_x
3. Di resep contekan butuh waktu memanggang 30 menit. Pas gw manggang, emang gw tungguin karena seru liat pastrynya ngembang hehe. Nyatanya di kasus gw, waktu memanggang gak sampe 15 menit (itupun udah ada ujung-ujung yang gosong). Ini sih mungkin faktor bentuk pie nya kali ya?? Karena lebih kecil jadi waktu manggangnya pun gak lama. 

Happy Baking!

No comments:

Post a Comment

Bandung Staycation - Desember 2019

Untuk #DirdaharjaTrip akhir tahun kita pilih Bandung.. Hmmm dipilihnya karena nyocokin jadwal event papagung sih sebenernya... Nginep 4D3N...