Monday, May 20, 2013

Sakit? Engga. Sakit? Engga

Rasanya udah hampir sebulan agni lagi sakit on-off. Bukan sakit badannya gak fit gitu-gitu, tapi muncul kemerahan macam alergi. We went to 3 doctors to find it out, semuanya bilang itu alergi.
Agni itu dari umur sekian bulan suka muncul rash di daerah punggung bagian atas. Diagnosa simpel, biang keringet. Specially karena kita gak pake AC kan. Treatmentnya cuma kasih cream/minyak kelapa, dan rashnya pun jadi on-off gitu. Kadang ilang, dan kadang kalo lagi panas banget bisa sampai luka karena digaruk. Kondisi terakhir rashnya sembuh setelah diresepin krim noroid sama dsanya.
Masalah lain muncul gak lama setelah itu. She had a bad seafood nugget and consumed lots (as in 20 susu uht) in 2 weeks. Yang biasanya pake ultra, gw beliin frisian flag (yang ternyata rasanya manis banget aja gitu). Then muncullah itu bisul gede di siku sebelah dalam, cek dsa, dikasih obat besoknya langsung kempes. 
But is it over? Nope. Days later muncul jerawat/bisul kecil di dada, trus nambah di dagu (later on nyebar ke jidat dan idung). Ini sakitnya sama kayak sakitnya agni waktu umur 8 bulan, yang akhirnya bikin gw ganti sufornya ke soya. Cek dsa lagi, dikasih obat alergi dan salep. Tapi seminggu lewat masih aja begitu. Begitu dalam artian kalau 1 tempat ilang/sembuh, eh muncul lagi di tempat lain. Sebel kan. Mati satu tumbuh seribu ini sih judulnya x_x
Hari selasa agni demam tinggi sampai 39.9'C. Dikasih tempra langsung turun tapi kalo dibawa tidur trus demam lagi. Untungnya anaknya gak rewel, masih pecicilan aja gitu. Then I took her to the doc in the morning, skalian cek itu kenapa si bisul2 kecil gak ilang-ilang.
Diagnosa masih sama, alergi. Termasuk si demamnya itu. Jadi demam kan sebenernya reaksi tubuh kalo lagi ada virus/bakteri di tubuh, something about the immunity that fights with the virus. Pulangnya dikasih salep merk lain dan (kali ini) tambah antibiotik. Plus surat rujukan buat tes darah kalau hari jumat masih demam juga. Thank God by Thursday she's already fine dan bisul2 di muka agak berkurang :))

Drama lagi dateng hari Sabtu, sekujur tangan dan kaki nya dia muncul bercak-bercak merah. Modelnya kayak campak (or tampek kalo kata nenek), tapi muka dan badannya mulus aja. Hmmm cek dsa lagi gak ya. Agak takut kebanyakan obat ini itu. Sempet browsing sana sini, dan ketemu diagnosa yang menurut gw paling deket ke kondisinya agni yaitu roseola infantum. Baru sok pinternya bapak-ibunya aja sih, soalnya mirip banget gejalanya. Then we decided to give it time sebelum pergi ke dsa. Observasi anaknya dulu deh, toh masih ceria. Which lead to an appointment di klinik alergi rs harkit.

Kemarin sore berasaaaa banget dilemanya. Geregetan pengen buruan ke dsa untuk tau ni anak sakit apa, sama gak kepengen kl ke rs pasti ditangani dokter jaga, which is useless juga gitu gak ketemu ahlinya. Yang ada malah 2 kali kerja, karena aimingnya kan ke klinik alergi itu. Akhirnya kemarin kita sih berdoa dan berharap aja bercak kemerahannya gak nambah banyak dan agni badannya gak kenapa-kenapa.

No comments:

Post a Comment

Bandung Staycation - Desember 2019

Untuk #DirdaharjaTrip akhir tahun kita pilih Bandung.. Hmmm dipilihnya karena nyocokin jadwal event papagung sih sebenernya... Nginep 4D3N...