Monday, October 8, 2012

No-bake Oreo Cheesecake

Tadaaaaa
Oreo? Yummm
Cake? Yummm
Cheese? Yummm
Combine it all three? Triple yummm...

Wiken kemarin saya iseng ngubek resep cheesecake di internet, senang karena ketemu yang no-bake dengan bahan yang mudah didapat. Kenapa harus no-bake? Sesimpel karena saya gak punya oven :D
Banyak versi no-bake cheesecake yang saya temukan, tapi yang saya pikir paling ga ribet dipraktekin adalah resepnya mba Aini. Meski ada modifikasi takaran, bahan-bahan dan caranya saya contek beliau - makasih mba buat sharingnya :))

Yang saya bikin kemarin resepnya begini :
- 15 Keping biskuit oreo >> Pisahkan krim putihnya >> Haluskan sampai jadi remah *tips : Masukkan biskuit ke seal bag, pukul2 pakai rolling pin/ulekan.
- 5 keping biskuit oreo >> potong kasar




- 65 gram unsalted butter yang dicairkan.
- 2 sdm susu kental manis
- 250 gr (1 pak) cream cheese (saya pakai merk yummy)
- 50 gr gula halus
- 200 ml liquid whipping cream (saya pakai merk anchor)
*Harusnya resep ini menggunakan 1 sdm gelatine yang dilarutkan dgn 3 sdm air panas. Atau penggantinya bisa menggunakan nutrijell plain. Gelatine/jelly ini dicampur ke adonan cream cheese - gula halus.

Cara membuat :
1. Base : Campur remah biskuit dengan melted butter dan susu kental manis. Aduk dan ratakan di loyang 20cm. Tekan-tekan sampai padat. Tutup loyang dengan cling wrap (untuk mencegah lembab hawa kulkas). Simpan di kulkas minimal 30 menit.
2.  Isi : Kocok cream cheese dengan gula halus sampai tercampur rata dan teksturnya fluffy. Simpan di kulkas sembari kita membuat adonan whipped cream.
3. Aduk whipped cream sampai mengembang menyerupai tekstur mousse (jangan sampai kaku).
4. Campur adonan whipped cream ke dalam adonan cream cheese. Tambahkan krim putih oreo yang tadi dipisahkan. Tambahkan biskuit oreo yang dipotong kasar (sisakan sedikit untuk garnish). Aduk rata menggunakan spatula (bahasa sundanya gently fold). Jangan terlalu heboh ngaduknya untuk menjaga whipped cream tetap mengembang.
5. Keluarkan loyang oreo base. Tuang adonan isi. Ratakan. Taburi dengan sisa biskuit oreo kasar tadi. Tutup loyang dengan cling wrap. Dinginkan di kulkas minimal 6 jam.
6. Enjoy your cheesecake :)

Cheesecake ini harus terus-terusan disimpan di kulkas, terutama yang tidak memakai gelatine/jely karena teksturnya tidak begitu firm.

Kalau dipikir-pikir sih memang enakan beli aja, udah gak repot tinggal makan. Tapi kalau berhasil bikin menu baru rasanya seneng banget :)) and it usually means another recipe coming up hehe...


Adonan yang sudah jadi
Oreo base
Siap dikulkasin
Gambar loyangnya rada aneh ya? Soalnya saya ga nemuin loyang yang sesuai. Di rumah loyang diameter 20cm cuma ada di saringan kelapa ini. Diakalin pakai cling wrap untuk alasnya dan siap digunakan. Oia cling wrap bisa diganti pakai aluminium foil juga.

Resep no-bake cheesecake lainnya :
Choco cheesecake
Strawberry cheesecake >> Ini mesti pilih strawberry yang rada manis.
Triple chocolate cheesecake
Green tea cheesecake

Happy cooking!








 

No comments:

Post a Comment

Bandung Staycation - Desember 2019

Untuk #DirdaharjaTrip akhir tahun kita pilih Bandung.. Hmmm dipilihnya karena nyocokin jadwal event papagung sih sebenernya... Nginep 4D3N...