Thursday, October 4, 2012

Welcome to the world, Agni... (part 1)

*Originally written on March 2012

Dari sepagian ngeliat2 fotonya chickpea waktu masih bayi, terus jadi keinget kalo belum share chickpea’s birth story. So, here we go…

I was on my 37 week pregnancy, with EDD on 19/20 July 2011. Was sooo excited cos then I would have the same bday with her. Tapi kayaknya anaknya ga mau ya disamain ma emaknya hehe.

Senin 27 Juni 2011
Ijin gak masuk kerja karena dari minggu malam badan berasa gak enak banget. Been having false contraction for days, pinggang rasanya pegel dan gak ada posisi yang bisa bikin nyaman. Mana diitinggal Agung ke Bandung untuk kerjaan dan baru pulang Rabu malem :((

Selasa 28 Juni 2011
Paginya ke RS utk CTG (biar ga penasaran), eh tapi kok pegel dan sakitnya mendadak ilang (??). Si obgyn pun bilang ga usah khawatir karena cuma kontraksi palsu. Ya sudah hari itu dilanjutkan ngantor dengan niatan beresin kerjaan dan info ke atasan kayaknya mau mulai cuti lahiran minggu depan. Malamnya mampir ke Lotte Mart beli spicy wings karena super ngidam - ditemenin Neti. Gak kira-kira, perginya masih nekat naik kopaja dan naik jembatan penyebrangan. Abisannya diomelin Agung ditelepon soalnya udah badan lagi ga enak masih maksa pergi plus gak ngabarin pula! (ampun agung :D)


Rabu, 29 Juni 2011
Pagi jam 6 kebangun karena berasa ngompol, tapi pas melek udah mikir pasti itu ketuban pecah deh. Langsung ngabarin Agung via telp dan dia cuma bilang "Ok aku pulang sekarang".
Masih takut buat ngasih tau mertua di bawah, cuma gw denger si Agung telp ke rumah dan mendadak satu rumah langsung panik buru-buruin ke RS, sedangkan gw masih mau mandi dulu hehe. Beberes barang yang mau dibawa dibantu ibu mertua - iya belum beresin hospital bag wong mikirnya masih lama lahiran), dan begitu dapat taxi langsung berangkat.

Sampai di RS suster cek dalam dan sudah bukaan 2, tapi berasa air ketubannya rembes terus. Terus berdoa supaya pembukaannya cepat naik, karena gw sering dengar pengalaman bumil yang kondisi ketuban pecah dini dan pembukaan mandek bisa berakhir operasi caesar (!!).
Masuk kamar rawat, dikasih sarapan nasi goreng pake telor dadar & abon enak bangetttt :))) Kontraksi pun masih dalam batas wajar, jadi bisa sarapan sambil nonton tv sembari nunggu Agung. Salah 1 hal yang disyukuri adalah hari ini tanggal merah. Gak kebayang deh kalau Agung naik travel dari Bandung jam 7 pagi di hari senin, bisa-bisa lahiran gak ditungguin suami nih.

9 am
Agung sampaiiii…. Yeaaayyyyy seneng bangeetttt dan langsung berasa tenang. Yes, ada pelampiasan kalo kontraksinya kurang ajar hehe.
Makin lama kontraksinya makin berasa, dan emang yah semakin gw resist semakin kontraksinya berasa sakit. Kalo gw embrace the pain, feels like I can manage it (even though it’s still unbearable).

10.30 am
Sakit kontraksi makin menjadi-jadi. Udah ga bisa duduk anteng nonton tv haha dan cek dalam ternyata udah bukaan 5. Langsung pindah ke ruang bersalin di lantai 2. Masuk ruangan and the struggle begins. Udah lupa ma latihan napas dan ga fokus lagi. Udah ga bisa diem karena kesakitan, persis kayak cacing kepanasan huhuhu… Best part nya sih bisa cuwek cuwek agung sampai akhirnya ngejambak rambutnya hehe *ampun lagi*

12.20 pm
Bidan periksa dalem dan bukaannya udah lengkap, tinggal nungguin dokternya nih. Sempet digodain si bidan, nanyain mau lahiran jam berapa dan dengan lantangnya ngejawab SEKARAAAAANGGGGG!!! hehehe. Terus si dokter ganteng pun dateng (masih wangi & rapi.. yaeyalaahhh the mess is only just begun kaliiii). Dia kasih pep talk untuk teknik napas & ngedorong. Sadly, he had to do an episiotomy padahal gw menghindari itu  :(( cuma ya sudahlah ya pasrah sajaaa, yang penting buruan lahiran.

Skin to Skin
Rasanya cuma ngedorong 2x dan chickpea lahir!!! Rabu, 29 Juni 2011 jam 12.30 siang. Cepet banget prosesnya sampai saya mikir ini beneran chickpea udah keluar yah??
Chickpea langsung ditaruh di dada. Niat utk IMD etapi kok anaknya anteng aja di dada sambil diselimutin.
Lumayan lama sih ditaruhnya karena si dokter skalian ngejahit yang dia gunting (ugh perihhh hiks). Lalu chickpea dibersihin dan ditaruh di inkubator sebelah ranjang.
Selama di inkubator matanya melek terus sambil lirik kanan kiri. Lucuuuu banget... Such a miracle..






3 pm
Kita bertiga dianter kembali ke ruang rawat di lantai 5. Agung naik lift biasa bareng nenek-kakek, gw  gendong chickpea naik pakai gurney. Sampai lantai 5, chickpea diambil suster untuk dibersihkan di kamar bayi (letaknya di depan kamar gw) dan gw bersih-bersih di kamar. Enaknya bisa langsung duduk, meski masih agak nyeri tapi sudah bisa leluasa melakukan aktivitas seperti biasa.

Bersyukur banget dikasih proses lahiran yang mudah dan dilancarkan semuanya. Seneng bisa ditungguin Agung dan chickpea lahir sehat, selamat tanpa kekurangan suatu apapun.



No comments:

Post a Comment

Bandung Staycation - Desember 2019

Untuk #DirdaharjaTrip akhir tahun kita pilih Bandung.. Hmmm dipilihnya karena nyocokin jadwal event papagung sih sebenernya... Nginep 4D3N...