Monday, January 21, 2013

Another Stroke Issue part 1

Sebenernya dari kemarin ditahan-tahan mau cerita ini, soalnya sedih. Pengennya ngeblog resep masakan atau cerita hepi-hepi. Tapi ya hidup kan ga cuma seneng aja yah...

Rabu 9 Jan 2013, jam 10 ada telp masuk dari no cdma. Berasa kenal nomornya tapi ga yakin. Si penelepon juga ga informatif, cuma nanya kenal ga ma nomor ini? Gw bilang engga, mau bicara dengan siapa?. Dia ga cerita. Gw langsung suruh Agung untuk telepon hp kakek, karena feeling gw kesitu. Gak lama Agung nelpon gw dan bilang Kakek kena stroke pas lagi nyetir pulang ke rumah, ditemuin sama orang MNC dan akan ditungguin sampai kita sampai ke kantor di Kebon Sirih. Desss!! langsung ngedrop dan ijin pulang ma pakbos. Dijemput Agung naik taksi, dan hari itu ujannya lagi gede banget. Plus udah kelar 3 in 1 jadi jalanan rada macet.
Sepanjang jalan mikir mau dibawa ke RS mana, antara RSPAD, MH Thamrin atau Carolus. Gw ngerti banget Agung in state of shock jadi gak bisa mikir/ngambil keputusan. During that long road from Sudirman - Kebon Sirih, I can only hold his hand and assure that everything gonna be okay.
Begitu ketemu Kakek dan mas mas MNC yang nolongin (mas Gigi makasih banget ya, bersyukur ketemu orang baik kayak mas yang mau nolongin dan jagain sampai kita dateng. Tuhan yang balas kebaikan mas), gw memutuskan kita ke RSPAD. Alasannya cuma 1, itu RS yang lokasinya paling deket. Tapi kok tapi pas masuk UGD gw mendadak bimbang. Berasa flashback alm Papa masuk UGD sini dan itu pelayanannya minta maap dehhh... Cuma ya udah terlanjur ya berdoa dikasih kelancaran aja. Ditinggal Agung pulang untuk jemput Nenek & Agni sekalian ambil berkas KTP dan KK untuk urus fasilitas Kartu Jakarta Sehat.
* Mau cerita soal pengalaman di rs pemerintah, tapi di postingan ini aja ya.
Selama ditinggal Agung, mulai beribet mampir sana sini untuk urus permintaan tindakan. Drop darah ke lab, nebus resep ke farmasi, minta jadwal ct scan; belum lagi antriannya yang lama. Ditambah 2x berantem ama ibu-ibu petugas loket yang judesnya minta ampun. Makin menyesaaallll :(((

Sekitar jam 12 Agung sampai rs lagi. Nenek langsung jaga Kakek di UGD, gw bagi tugas ma Agung buat urus ini itu. Gw gendong Agni kesana kemari dimana tiap duduk ngantri, Agni motah gak keruan. Oh iya hari itu ujan turun seharian. Gerimis banyak dan awet. What a day banget deh.
Makin lama makin ga suka ama rs ini. Dari gedungnya aja udah ga banget buat Agni. Gw lebih suka rs yang 'vertikal' alias meninggi daripada 'horisontal' alias meluas. Setidaknya kalau mesti kemana-mana tinggal naik lift gitu. Rada sorean Agni & Nenek gw suruh tunggu di mobil aja, setidaknya mereka bisa duduk enak daripada di ruang tunggu UGD yang cuma bench besi improper itu.

Setelah dokter jaga liat hasil ct scan, diketahui kalau pembuluh darah Kakek ada yang pecah di otak bagian kanan menyebabkan kelumpuhan di anggota badan sebelah kiri. Berbeda dengan Grenma yang lumpuh di sebelah kanan karena strokenya di otak bagian kiri. Puji Tuhan masih bisa bicara, jadi masih interaktif meski omongannya suka terdengar kurang jelas. Pecahnya ini akibat tensi darah yang tinggi yaitu sampai 200. Selama ini Kakek memang ga jaga tensi darah, cuma diabetesnya aja yang dimonitor.
Karena volume darah yang keluar cukup besar maka Kakek harus dirawat di ruang ICU dan kemungkinan harus operasi :((, dimana di rspad sudah full jadi harus cari icu yang available di rs lain. Ini bittersweet moment sih, sedih karena harus masuk icu tapi lega karen ini kesempatan kita cari rs lain yang lebih 'friendly'. Aiming ke rs sumber waras atau royal taruma biar deket rumah, tapi ya jodohnya ke rs admira di daerah pulomas. Itupun ketemunya udah jam 10 malem. Gw nganter pulang Nenek & Agni, kesian Agni udah ngantuk. Beberes barang keperluan rs dan langsung balik lagi, dimana udah ada Tasia & Aby ikut nungguin.

Jam 23.00 Kita pindah ke RS Admira. Setelah 12 jam nungguin di ruang UGD, finally we moved to another step. Ninggalin mobil di rs dan dianter mobil Tasia, sedangkan Agung ikut ambulance. Sampai tujuan, Kakek langsung masuk UGD untuk di prep dokter jaga. Gw & Agung diskusi bareng orang admission dan dokternya untuk simulasi biaya selama perawatan di sana. Bukan hal yang enak untuk didiskusiin di muka sih, tapi ya ini realitanya. Kakek gak punya asuransi, dan tabungan kita juga gak banyak. Setidaknya kita tahu berapa jumlah yang mesti diusahain. Tung dihitung biaya operasi, kamar, obat, ini itu dikali lama waktu perawatan menghasilkan angka sampai triple digit *mengsan* hmmm boleh gak dicampur daun singkong gitu dok... Biaya di rs ini memang gak pake KJS karena jatah pasien KJS sudah full, jadi sementara biaya pribadi sembari berdoa bisa pakai fasilitas ini.

Oke, uang bisa diusahain yang penting dikasih tindakan medis yang signifikan dulu aja ya. Dokter jaga sempet mention soal anjuran operasi dari dokter bedah syaraf (based from ct scan) tapi masih kita hold dulu dan berharap tindakan itu memang gak perlu dilakukan. Jam 12.30 Kakek masuk ICU. Kondisinya sudah cukup stabil, tensi mulai normal dan nampaknya bisa ditinggal. Kita pep talk sama suster jaga dan pamit pulang. Ngobrol ina inu sama Tasia & Aby yang intinya 'gimana yah?' terus x_x

Hampir 2 tahun tinggal bareng mereka, bersyukur punya 1 set orang tua 'kedua' yang masih sehat dan bugar. Berasa lega karena kita sebagai anak masih bisa 'bersandar' minta tolong sama mereka untuk hal-hal sehari-hari; contoh paling gampang buat jagain Agni deh. Udah gak sanksi sama perhatian dan kasih sayang mereka ke cucu, no worry pokoknya. Tau sih kalau nanti akan datang masa di mana mereka bertambah tua dan ninggalin kita. That's life cycle. Tapi gak kebayang kalau akan kejadian secepat ini. Tadinya ngebayangin Agni tiap hari dianter-jemput Kakek sekolah. Masih ada orang terpercaya untuk dimintain tolong ini-itu. Mungkin kita udah keenakan bergantung sama mereka kali ya, dan sekarang 'disuruh' berdikari lagi.

God bless Kakek, and pray for a speed recovery... Amin :)

No comments:

Post a Comment

Bandung Staycation - Desember 2019

Untuk #DirdaharjaTrip akhir tahun kita pilih Bandung.. Hmmm dipilihnya karena nyocokin jadwal event papagung sih sebenernya... Nginep 4D3N...